| HOME | | PENULIS | | GALERY PHOTO | | FORUM |
.:: Wellcome ::.

Anda Pengunjung Ke :
Masukkan Email Anda


-Update Terbaru-

.:: Gallery ::.
CAFENET69
This is a Flickr badge showing photos in a set called operator. Make your own badge here.
.:: Kata - Kata ::.

::::::::::::::::::::::::
Ketika Kehidupan Menjadi Begitu Membosankan Untuk Dijalani Dan Dinikmati
Maka Kamu Perlu Sesuatu Yang Dapat Mewakili Cinta,Amarah,Emosi,Kebahagiaan Dan Kesedihanmu
Yang Akan Memberimu Sebuah Energi Untuk Tetap Bertahan Dalam Kondisi Apapun
::::::::::::::::::::::::
.:: Tukeran Link ::.



Copy kode di bawah ini:
.:: Link Banner ::.


KampungBlog.com - Kumpulan 

Blog-Blog Indonesia Blog Sharing Blog Tutorial 

& Tips Kolom blog 

tutorial Tukar Link http://edittag.blogspot.com

 Subscribe in a reader Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Subscribe in Bloglines Add to netomat 

Hub Subscribe in 

NewsAlloy

Powered by FeedBurner


BLOGGER

.:: Link Community ::.









======================
=======================





.:: New Post ::.

:::: Sweeping di Cafenet 69
Rabu, 01 Agustus 2007
Akhir-akhir ini, kata Sweeping mulai marak diperbincangkan oleh kalangan pemilik warung internet di Semarang, yakni penegakan UU HAKI oleh aparat tentang penggunaan perangkat lunak pada komputer yang rata-rata dipergunakan untuk jaringan internet.Seperti yang terjadi di Cafenet 69 tadi malam (01/07/07 Pkl.22.30 WIB) untuk yang kedua kalinya setelah sekitar 2 hari sebelumnya juga didatangi aparat untuk keperluan Sweeping/pengecekan lisensi pemakaian perangkat lunak terutama Windows. Meskipun semua software windows yang terinstal di Cafenet 69 memiliki legalitas, namun kejadian tadi malam sempat menjadi perhatian user internet yang sedang berada di Cafenet 69. Bahkan Mba' Yun, selaku Owner Cafenet 69 juga turun tangan menanggapi Sweeping yang ke dua kalinya itu. Bahkan Kang Cose, teknisi Cafenet 69 juga menyempatkan terbang ke lokasi setelah mendapatkan laporan adanya sweeping yang ke dua ini. karena setelah dilakukan pengecekan dan pencocokan product key Windows dengan komputer yang diinstali Windows, ternyata di cafenet 69 menggunakan perangkat Windows berlisensi.Ada kejadian yang layak menjadi penglaman yang mengetahui, yakni..sebenarnya sweeping ke dua tidak akan dilakukan detail jika waktu dilakukan pengecekan yang pertama (sekitar 2 hari lalu) itu meninggalkan jejak, dimana minimal mengetahui nama aparat yang melakukan sweeping.
Namun ada juga kejadian yang tidak kalah menyita perhatian orang-orang yang berada di sekitar Cafenet 69, terutama saat terlihat aparat memasukkan beberapa CPU milik warung internet di sebelah Cafenet 69, tentu sudah bisa ditebak jika warnet tersebut tidak dapat membuktikan kelegalitasan ( bener ga' yagh kata2 ini..) perangkat lunak pada komputernya. Menurut keterangan pada UU HAKI sih, pelanggaran HAKI akan di denda 500juta ( wuiihh..) atau kurungan 5 tahun, tetapi kurang tau nasib para pemilik warnet yang telah terbukti menggunakan perangkat lunak bajakan ini.. apakah akan ditegakkan sesuai peraturan yang ada atau akan diperingatkan dengan pembayaran dana yang lebih kecil dari denda sebenarnya atau gimana... saya juga kurang fahamm...:).
HAKI itu apa sih...... sebelum ada sweeping, mungkin jarang terdengar dan banyak yang tidak tau, tetapi masih banyak juga setelah sweeping benar2 dilakukan oleh aparat ini terjadi, ada yang belum tau tentang HAKI. Sesuai yang barusan saya baca dari browsing2 di internet....HAKI itu katanya kependekan dari Hak Atas Kekayaan Intelektual, yang pasti kalau dilihat dari kepanjangannya, bukan perangkat lunaknya yang diatur disitu, tatapi Hak Cipta dan hak2 lain yang berkaitan dengan hak cipta-lah yang ditegakkan.Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atau Hak Milik Intelektual (HMI) ini merupakan padanan dari bahasa Inggris intellectual property right. Kata "intelektual" tercermin bahwa obyek kekayaan intelektual tersebut adalah kecerdasan, daya pikir, atau produk pemikiran manusia (the creations of the human mind), yang memiliki ruang lingkup diantaranya Hak cipta, merek, indikasi geografis,rancangan industri, paten, desain layout dari lingkaran elektronik terpadu,perlindungan terhadap rahasia dagang (undisclosed information), engendalian praktek-praktek persaingan tidak sehat dalam perjanjian lisensi.
Dan kabar yang saya dengar, dengan adanya sweeping ini banyak para pemilik warnet yang memilih bermigrasi ke open source ketimbang menggunakan barang bajakan..( smoga....kesadaran ini untuk hal2 yang lain juga...).



Ditulis oleh SC @ Rabu, Agustus 01, 2007  
3 Comments:
  • At 2 Agustus 2007 pukul 11.54, Anonymous Anonim said…

    weuhh.........

     
  • At 3 Agustus 2007 pukul 05.56, Anonymous Anonim said…

    ada yang berminat migrasi ke linux? bisa menghubungi saya lho..malah ngiklan huehuehuehue......yang saya tekankan adalah..........jikalau emang Anda berniat berbisnis dengan bersih.........jangan pernah lupakan masalah perijinan.......jikalau berbisnis warnet......jangan lupakan komponen biaya software........hayoo udah pada gede kan? ndak boleh mbajak ya....terutama bagi yang ingin mengeruk keuntungan.......mosok mengeruk keuntungan dengan cara pembajakan? sadar nggak sadar hal ini tentunya akan merusak moral generasi bangsa selanjutnya..bagaimana nasib bangsa ini ke depan kalo dari bayi aja udah terbiasa diajari membajak.......bikin nggak kreatif... ;)

     
  • At 25 Oktober 2008 pukul 22.46, Anonymous Anonim said…

    saia punya cerita tentang cafenet69
    saia seorang perantau yg dngn tidak sengaja merantau ke semarang..
    waktu saia ke semarang saia ikut dengan OM saia tp setelah tiba di smg saia berantem sama Om saia..
    akhirNa saia nekat untuk keluar dari rimah Om saia..
    saia gak tau harus tinggal di mana..?

    tp karena saia punya temen yang kerjaNa di cafenet69..?
    akirNa saia beusaha untuk akrab sama temen saia itu...
    tp saia masih binging mau tidur di mana..
    tp mungkin karena teman saia baik makaNa saia di biarin tdr di cafenet69...
    walaupun tiduNa di biling internet..

    saia bersukur karena karena berkat adaNa cafenet69 saia bisa knl banyak teman...

    saia berharab cafenet69 sukses terus...

     
Posting Komentar
<< Home
 
.:: About Me ::.

SC
Tlogosari Raya 69 SMG
+ Sebuah cerita dari Cafenet 69 Tanpa bermaksud memihak ataupun mengandung SARA, menjunjung tinggi kebebasan Ketikan.
Profil Lengkap
.:: Contact ::.
.:: Previous Post ::.
.:: Archives ::.
.:: Blogroll ::.
.:: Guestbook ::.


.:: Counter ::.